rekamanjejakhijau.com

Asus PC Desktop S500SA, Jawaban Kebutuhan Komputasi Keluarga Modern

Peralihan siaran televisi dari analog ke digital, membuatku mau tidak mau membeli yang namanya set top box. Pastinya aku memilih merk produk STB yang resmi dari pemerintah, namun aktualnya saat pemasangan tidak semudah di tutorial pemirsa. Tidak serta merta, aku menyalahkan STB dan televisi. Segala tips trik di forum TV digital, tutorial di youtube, pinjam antena indoor portabel sampai pinjam STB milik saudara sudah dilakukan hingga puyeng. Padahal tempat tinggal kami masih cukup dekat dengan ibukota provinsi, Tetap saja nihil, dan televisiku mati suri.

Mengingat televisi milik orangtua masih televisi tabung, televisiku diboyong ke kampung halaman. Voila, dia mau menangkap sinyal digital dengan mudahnya.

Akhirnya, tidak ada lagi televisi di rumahku. Tragis ya. Sekarang media hiburan keluarga hanya mengandalkan smartphone dan laptop. Ketika laptop dibawa bekerja ke kantor oleh suami. Hanya smartphone yang setia menemani, mulai menonton film, browsing, membuat konten di media sosial, blogging sampai membuat desain grafis.

Layarnya yang kecil membuat mata cepat lelah dan smartphone jadi boros baterai. Belum lagi adanya distraksi dari chat, telepon dan notifikasi. Karena tidak ada televisi, si kecil meminta jatah screen time di smartphone aku. Kapan kelarnya kerjaan kalau terus-terusan begini dan itu mengurangi durasi me time aku. Seringkali suami masih berkutat dengan pekerjaan di laptop setiba di rumah. Aku hanya bisa menunggu kesempatan si laptopnya menganggur.


Asus pc s500

Buat aku yang sedang berproses menjadi seorang blogger professional, kebutuhan akan laptop atau Personal Computer (PC) sangat dibutuhkan. Begitu pula dengan si kecil yang mulai mengenal kecanggihan komputasi. Entah hanya untuk menonton video, gaming, browsing sampai belajar coding sederhana.

Hingga di suatu moment, aku merindukan kumpul bersama di satu ruang untuk nonton bareng film kesukaan dengan membawa atmosfer bioskop ke rumah.

Akhirnya aku merasa perlu komputer untuk memenuhi kebutuhan komputasi keluarga modern aku. Kabar baiknya, aku menemukan Asus PC Desktop S500SA, jawaban kebutuhan komputasi keluarga modern.

Keunggulan PC Dibanding Laptop

Aku tipe orang yang berpikir lama sebelum memutuskan membeli barang. Apalagi untuk barang yang memang lifetime nya panjang. Sebelum mengajukan proposal pembelian ke suami, riset dulu nih Keunggulan PC yang tidak didapatkan di laptop:
  • Harga lebih terjangkau daripada laptop dengan spesifikasi yang setara
  • Mudah dilakukan perbaikan
  • Kinerja PC lebih unggul dalam kecepatan pemrosesan data, grafik, multimedia dan multitasking.
  • Lebih ergonomis. Kelelahan mata akibat layar terlalu kecil dan ketidaknyaman posisi tubuh saat mengoperasikan laptop bisa dihindari.

Asus PC Desktop S500SA, Jawaban Kebutuhan Komputasi Keluarga Modern

Mempertimbangkan alasan di atas, aku memilih Asus PC Desktop S500SA di antara brand PC lainnya. Inilah pertimbangan ala keluarga kami :

Visual Produk

Dikatakan tidak penting, tapi penting juga lho estetika produk itu. Terkesan garang dan tangguh dengan warna hitam. Sentuhan seni dengan aksen diagonal pada CPU memberikan kesan elegan, minimalis dan bersih. Tidak heran, Asus S500 mendapat penghargaan Taiwan Excellence 20222, suatu ajang penghargaan desain produk internasional.

Di sisi kanan, berupa panel baja untuk meletakkan motherboard dan sisi kiri terdapat lubang ventilasi berukuran cukup besar. Membuat sirkulasi udara yang baik ke PSU dan pendingin CPU, sehingga suhu desktop tidak terlalu panas saat digunakan.

asus pc s500sa
gambar : asus.com
 
Dimensi yang ringkas (W x D x H) 9.5 x 29.28 x 34 cm (3.74" x 11.53" x 13.39") dan cukup ringan hanya 5kg (11.02 lbs) membuat Asus PC Desktop S500SA mudah disimpan dan diletakan di mana saja. Meski ringkas, ukuran mouse dan keyboard tetap penuh agar pengguna tetap nyaman.

Sistem Operasi & Chipset

Asus PC Desktops S500SA menggunakan Windows 10 Home. ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro for business buat kalian yang bergulat dengan bisnis. Bahkan bisa ditingkatkan ke Windows 11, jika telah tersedia. Chipset : Intel® H410 Chipset

Beragam Pilihan Processor

Agar kebutuhan komputasi dari ringan sampai berat bisa dipenuhi, ada pilihan processor:
  • Intel® Core™ i3-10100
  • Intel® Core™ i5-10400
  • Intel® Core™ i7-10700
  • Intel® Celeron® G5905
Keluarga modern kami memilih Intel® Core™ i7-10700 karena kemampuan multitasking berbagai aplikasi dengan lancar. Kecepatan untuk rendering video terbilang juara dibanding Intel® Core™ i3 dan i5. Tentunya ini memudahkan proses pembuatan video yang sering kami unggah di youtube dan media sosial lainnya.

Memori Yang Lega

Asus PC Desktop S500SA sudah menggunakan RAM DDR 4. Artinya memiliki frekuensi dan kecepatan transfer yang lebih baik serta lebih hemat daya dibanding RAM DDR 3. Ada dua pilihan RAM yaitu : 2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM dan 2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM (semuanya bisa ditingkatkan sampai 64 GB)

I/O Ports Lengkap & Slots

Ini penting loh untuk berbagai kebutuhan komputasi keluarga modern yang kompleks dari multimedia sampai urusan gaming pun ada.

Front I/O Ports

1x Headphone

1x 3.5mm combo audio jack

4x USB 3.2 Gen 1 Type-A

review asus s500sa
sumber: asus.com

Rear I/O Ports

1x RJ45 Gigabit Ethernet

1x HDMI 1.4

1x VGA Port

1x Display port 1.2

2x PS2

3x Audio jacks

4x USB 2.0 Type-A

Audio Mumpuni

Berbekal High Definition 7.1 Channel Audio membuat kami mampu merasakan suara tiga dimensi dari berbagai arah. Membuat acara nonton bareng film serasa di bioskop beneran. Sensasi bermain game juga lebih seru lagi.

Kualitas Visual

NVIDIA® GeForce® GT710 2GB DDR5 : 1x DVI, 1x D-SUB, 1x HDMI terbukti memberikan kualitas visual yang hebat. Dengan resolusi 3840x 2160 piksel - 4x lebih banyak dari full HD. Sehingga lebih tajam, serasa nyata dan detail terbaik untuk video,foto hingga teks. Seperti inilah perbedaan full HD dan ultra HD

visual asus s500sa
gambar : asus.com

Penyimpanan Yang Lega

Karena menggunakan media penyimpanan ganda :
  • 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD
  • 500GB SATA 7200RPM 3.5" HDD
mempermudah akses file, foto, dan multimedia lainnya dalam hitungan detik

Go Green

Bagi praktisi zero waste, sertifikat ecolabel di PC perlu sekali. Asus PC Desktop S500SA sudah meraih ecolabel Energy Star dan EPEAT. Dimana desain dan pemilihan material bisa didaur ulang saat PC sudah rusak atau tidak bisa digunakan kembali. Dari aspek kesehatan, komponen plastik perangkat dibuat dari bahan rendah emisi.

Tingkat Keamanan

Bicara tentang security system jangan diragukan lagi. Perlindungan keamanan berlapis :
  • Pengaman dari reboot PC saat reparasi oleh pihak lain lewat BIOS Booting User Password Protection, HDD User Password Protection and Security dan Kensington Security Slot™
  • Serangan antivirus ditangkal oleh McAfee LiveSafe™ (30-day trial).
  • Adanya Trusted Platform Module (Firmware TPM). Suatu chip khusus yang dirancang untuk mengamankan data dengan kunci enkripsi otomatis dan acak. Ini akan menghalangi hacker agar tidak dapat mengakses PC 

Kesimpulan

Menjatuhkan pilihan pada Asus PC Desktop S500SA sebagai jawaban kebutuhan komputasi keluarga modern adalah keputusan yang bijaksana. Terlebih di era digital seperti sekarang, hampir semua pekerjaan tidak terlepas dari komputasi, mulai dari aku yang seorang eco blogger, suami dengan data-datanya dan anak-anak sudah dituntut familiar mengerjakan tugas sekolah dengan komputasi.

keluarga digital


Jadi kehadiran Asus PC Desktop S500SA di tengah keluarga modern sangat tepat dan membantu. Tidak hanya meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam bekerja, tetapi juga mampu menyajikan pengalaman entertainment yang menyenangkan. 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.