rekamanjejakhijau.com

Pecah,Aksi Ribuan Volunteer Lingkungan di Hari Bersih Indonesia

hari bersih indonesia

19 Februari menjadi moment aksi ribuan volunteer lingkungan di seluruh Indonesia untuk gotong royong membersihkan lingkungan yang bertepatan dengan diperingatnya Hari Bersih Indonesia (HBI). HBI diselenggarakan sebagai kegiatan pendukung dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. Sebelum membaca ulasan aksi volunteer lingkungan di Hari Bersih Indonesia & HPSN tahun 2023 ini, Hijau Holic simak dulu apa sih Hari Bersih Indonesia itu.

Hari Bersih Indonesia

Hari Bersih Indonesia adalah aksi bersih-bersih skala nasional yang dilakukan secara gotong royong untuk meningkatkan kesadaran akan masalah sampah plastik dan pembuangan sampah secara sembarangan. Selain itu mendidik warga agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan praktek 5R : Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rot dalam keseharian. Aksi ini digagas oleh Indonesia Indah Foundation, yayasan yang telah lama mengorganisir kegitan bebersih di Indonesia hingga akhirnya tumbuh menjadi yayasan kelestarian lingkunga multi-segi.

Pertama kalinya Hari Bersih Indonesia dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019. Aksi HBI ini, berhasil menyatukan 13.050 volunteer lingkungan serta melibatkan 14 Kecamatan di Kabupaten Waykanan (Lampung), 22 Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong (Sulawesi Tengah), dan 17 Kecamatan di Kabupaten Bone Bolango (Gorontalo). Aksi ribuan volunteer lingkungan tersebut berhasil mengumpulkan 45.254,53 kg sampah dari 133 lokasi aksi bersih-bersih yang tersebar di 28 provinsi (sumber data: indorelawan)
volunteer lingkungan
foto : @kebunteduhjakarta

Ketika masa pandemi Covid -19, aksi volunteer lingkungan di Hari Bersih Indonesia tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan seperti menjaga jarak aman. Semangat volunteer lingkungan untuk Indonesia yang lebih bersih, tetap tumbuh subur. Mereka berhasil mengumpulkan total 39.889,6 kg sampah pada Hari Bersih Indonesia 2021 dan 2022. Sejumlah 9.135 volunteer lingkungan dari 20 provinsi ikut berpartisipasi dalam HBI 2021, sementara HBI 2022 mengumpulkan 2.288 relawan dan melibatkan 1.370 RW di Provinsi DKI Jakarta (sumber data: indorelawan)

Seperti apa aksi ribuan volunteer dari seluruh kota di Indonesia gotong royong membersihkan lingkungan dalam rangka Hari Bersih Indonesia 2023 ini? Simak ulasan kegiatannya di bawah ini

Aksi Ribuan Volunteer Lingkungan Di Hari Bersih Indonesia 2023

Hari Bersih Indonesia di tahun 2023 ini, mengundang komunitas, bisnis, sekolah dan individu untuk bergabung menjadi volunteer lingkungan HBI dengan mendaftarkan lokasi pembersihan dengan memberikan perubahan lewat aksi bersih-bersih. Melalui aksi ribuan volunteer lingkungan di HBI 2023 diharapkan meningkatkan kesadaran akan mengurangi dan mencegah imbulan sampah yang dihasilkan oleh individu masing-masing dan juga paham pentingnya memilah serta melakukan daur ulang dari sampah yang dihasilkan. Panitia pusat HBI 2023 juga mengadakan challenge kepada volunteer lingkungan untuk berkreasi dengan mendaur ulang banner dari aksi HBI dan lomba video aksi.

Lokasi pembersihan Hari Bersih Indonesia ditentukan secara bebas oleh para volunteer lingkungan HBI 2023 yang telah terdaftar melalui situs kerelawanan terbesar di Indonesia, Indorelawan. Volunteer lingkungan melakukan aksi bersih-bersih di jalanan, sungai, gunung, lautan, ruang terbuka hijau dan pemukiman penduduk. Setiap lokasi pembersihan diminta untuk membuat tagline yang masih bertema besar HBI 2023,  Our Earth Our Fight.

Sedangkan lokasi utama HBI & HPSN 2023 diselenggarakan di Thamrin 10, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat dengan mengadakan beberapa aksi seperti bersih-bersih di sekitar lokasi utama, talkshow, parade dan melakukan menanaman pohon serentak yang diikuti oleh lokasi pendukung tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 


Hari Bersih Indonesia 2023 kali ini, sukses menjaring lebih dari 70.000 volunteer lingkungan dan mengumpukan lebih dari 426 ton sampah dari daratan  yang meliputi permukiman,perkotaan dan lainnya, laut, pantai serta pegunungan (sumber data: indonesiaindahfoundation)

Aksi Volunteer Lingkungan HBI di Kebun Teduh Jakarta

Di tahun 2023 ini, saya menjadi volunteer lingkungan HBI 2023 bersama Kebun Teduh Jakarta dan Laskaru dengan lokasi pembersihan ruang terbuka hijau Kebun Teduh Jakarta (Area Pemancingan Palem Lestari, Jl. M. Kahfi I Gg. Palem RT 01 RW 02 Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tagline yang kami usung Minimalkan Sampah, Maksimalkan Daur Ulang.
Minimalkan Sampah, Maksimalkan Daur Ulang

Pukul 09.00, sebanyak 18 volunteer lingkungan dari berbagai komunitas : Laskaru, Kebun Teduh, Belajar Zero Waste Jabodetabek, SekarCycle dan Dharmapala siap melakukan aksi bersih-bersih setelah diadakan pembukaan singkat oleh Leader Kebun Teduh Jakarta, Ida Farida.
hari bersih indonesia

Dilanjutkan  pemaparan teknis bebersih dan ditutup dengan doa bersama serta  penyiraman cairan eco enzyme ke komposter dan penanaman bibit kopi sebagai tanda dimulainya aksi bersih-bersih. 
Volunteer lingkungan gotong royong membersihkan area yang telah ditentukan yaitu area lapangan, area aglonema, area penanaman kopi dan tim pengumpul sampah anorganik. 

aksi volunteer lingkungan di hari bersih indonesia
foto : @kebunteduhjakarta


Sekitar pukul 11.00 wib, Kebun Teduh sudah terlihat rapi dan bersih. Volunteer lingkungan istirahat di bawah naungan pohon mangga yang teduh. Saling bercengkrama, mengobrol tentang isu lingkungan dan persampahan, diskusi dan bertukar pendapat serta ide sambil menikmati kudapan yang minim kemasan plastik. Tidak lupa juga, menyiapkan galon sebagai penganti air minum dalam kemasan dan tempat sampah terpilah untuk sampah dari pojok konsumsi ini. Ya, kami tidak ingin sekedar mengisi perut, tapi juga berusaha meminimalkan sampah kemasan dan food waste.

Kami berhasil mengumpulkan sampah organik sebanyak 24.905 kg dan sampah anorganik 10.54 kg. Pengelolaan sampah anorganik dibantu oleh SekarCycle, sedangkan sampah organik dikomposkan di pojok pengomposan area Kebun Teduh, yang nantinya menjadi campuran media tanam untuk kegiatan berkebun. Keseruan aksi bersih-bersih ini bisa Hijau holic tonton di video post instagram @Lustyulfa berikut. yang perlu Hijau Holic ketahui video ini diikutsertakan dalam lomba video aksi HBI 2023



Sungguh menyenangkan terlibat sebagai volunteer lingkungan itu, saya mendapatkan banyak cerita dan pengalaman dari volunteer lainnya dalam mengatasi permasalahan sampah di keseharian yang tidak ada habisnya. Kami memiliki keinginan untuk menghidupkan Kebun Teduh Jakarta menjadi pusat edukasi pengelolaan sampah dan urban farming untuk warga Jagakarsa  yang tinggal di sekitar Kebun Teduh, namun tidak membatasi juga untuk masyarakat umum. Serta berharap bisa berkumpul kembali berpartisipasi dalam Hari Bersih Indonesia 2024, karena menyenangkan sekali ada sensasi rasa puas,bahagia yang tidak bisa dituliskan lewat kata2. Semoga Hijau Holic bisa merasakan sensasi itu di Hari Bersih Indonesia 2024 nanti.

Hari Bersih Indonesia 2024

Hijau Holic yang tahun ini melewatkan kesempatan ikut aksi volunteer lingkungan di Hari Bersih Indonesia, bisa bersiap-siap bergabung dalam aksi ribuan volunteer lingkungan di Hari Bersih Indonesia 2024.

HBI 2024
gambar : @haribersidid/instagram

Kapan lagi kan, gotong royong membersihkan lingkungan secara serentak se Indonesia Raya bertemu teman-teman baru dengan satu frekuensi untuk Indonesia lebih bersih dan lebih indah dengan peduli terhadap lingkungan. Aku saja ketagihan jadi volunteer lingkungan dan insyaa allah mau ikutan lagi di 2024. Save the date and stay tune on Instagram Hari Bersih Indonesia

Referensi :

https://www.indorelawan.org/p/haribersihindonesia

https://indonesiaindahfoundation.org/id/hari-bersih-indonesia/




7 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.
  1. Salut dengan para volunteer yang peduli pada lingkungan kita. Semoga masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan, meminimalkan pemakaian plastik, memilah sampah dan mendaur ulang sampah.

    BalasHapus
  2. Keren. Positif banget agendanya mba Ulfa. Di tempatku ada ga ya kayak gini? Kayaknya sih jarang banget yang melek atau sadar jaga lingkungan

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah semakin banyak orang yang tergerak hatinya dan kakinya untuk berbuat baik, ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Langsung follow Ig Hari Bersih Indonesia....

    BalasHapus
  5. keren mbaaa keren bangeet, aku penasaran bisa munculin video dari Ig ini gimana ya?

    BalasHapus