rekamanjejakhijau.com

Jus Buah untuk Flu, Andalanku Mengobati Flu Tanpa Obat

penyebab flu
foto : canva
Akhir-akhir ini banyak orang mengeluhkan sedang sakit flu, baik tetangga, teman, saudara hingga suamiku sendiri. Bahkan saya juga sempat terkena flu bulan lalu. Hhhhmmm, jangan-jangan Hijau Holic saat ini juga sedang berjuang menyembuhkan flu. Di musim kemarau seperti ini, suhu udara yang tinggi dan kelembaban menurun. Menyebabkan debu, virus, bakteri lebih mudah berhamburan di udara dan beresiko terhirup saluran pernafasan. Terlebih buat Hijau Holic yang bertempat tinggal di daerah rawan dengan polusi udara, memiliki potensi mudah terserang flu.

Hidung sebagai garda pertama penyaring udara yang masuk ke sistem pernafasan, juga mengalami penurunan kelembaban. Sehingga sangat rentan terhadap serangan virus, terutama virus influenza.

Infuenza yang sering disebut dengan Flu, adalah kondisi gangguan sistem pernafasan yang disebabkan oleh virus. Penularan yang sangat cepat, tiba-tiba dan diiringi gejala lain seperti demam,nyeri tenggorokan, hidung tersumbat.

jus buah untuk mengobati flu dan demam
Sungguh tidak enak saat terserang flu itu, badan jadi lemas dan menganggu produktivitas sehari-hari. Pastinya Hijau Holic ingin virus flu segera enyah dari tubuh kan? Hingga akhirnya beragam cara ditempuh mulai dari mengkonsumsi obat-obatan hingga mencoba cara alami seperti jamu dan jus buah. Karena dari kecil hingga dewasa, aku kurang lihai mengkonsumsi obat. Butuh perjuangan yang lebih untuk menelannya. Hehehe buka aib ini, apa Hijau Holic ada yang seperti aku? Jadi aku lebih memilih buat jus buah untuk flu, andalanku mengobati flu dan demam tanpa obat.

Definisi Jus

Jus adalah minuman yang berasal dari buah atau sayur atau kombinasi buah dan sayur yang dihaluskan sehingga menghasilkan cairan berisi sari buah dan sayur. Hijau Holic yang masih bingung perbedaan jus dan smoothies bisa baca artikel ini. Jus, selain berisi buah dan atau sayur, Hijau Holic bisa berkreasi dengan menambahkan rimpang, herba dan pemanis alami jika dibutuhkan.

Kandungan nutrisi yang utuh dalam jus, terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi gangguan kesehatan.

Do & Don’t Buat Jus Buah untuk Flu

  • Menggunakan buah kaya vitamin C, seperti kiwi, jeruk, jambu biji merah, strawberry
  • Menambahkan rimpang anti radang seperti jahe atau kunyitMengoreksi rasa jus dengan pemanis alami yaitu madu, kurma
  • Segera dikonsumsi. Batas maksimal menyimpan jus adalah 24 jam pada penyimpanan di kulkas. Jika di suhu ruang, langsung diminum ya sesaat setelah jus dibuat. Terlalu lama menyimpan, kualitas vitamin dan mineral dalam jus perlahan menurun.
  • Disimpan dengan wadah tertutup untuk menghindari oksidasi (adanya kontak dengan oksigen dari udara ke makanan atau minuman) yang bisa merusak kandungan vitamin dan mineral. Kalau akan diminum saat itu juga, boleh kok pakai wadah terbuka seperti gelas
  • Tidak menambahkan es batu dalam jus buah untuk flu. Perbedaan suhu yang mendadak, dari suhu tenggorokan yang hangat menjadi dingin karena es. Bisa mengakibatkan amandel atau tonsil yang menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh menjadi radang dan memperparah flu kalian.
  • Tidak menambahkan gula dan SKM (susu kental manis). Karena buah dan sayur secara alami sudah mengandung gula alami dalam bentuk sukrosa dan fruktosa. Jika menambahkan bahan ini, kadar gula menjadi berlebih yang berpotensi menaikan gula darah dalam tubuh.

Jus Buah untuk Flu, Andalanku Mengobati Flu Tanpa Obat

Dan ini dia kreasi jus buah untuk flu ala aku, jus jambu biji merah dan kunyit. Dua bahan utama yang aku gunakan adalah jambu biji merah dan kunyit karena mudah didapat dan harganya sangat ramah di kantong. Namun kandungan dan manfaatnya jangan diragukan lagi

Jambu Biji karena berlimpah vitamin C. Dibandingkan dengan buah lain, kandungan vitamin C pada jambu biji merah adalah yang tertinggi dibanding jeruk. Buah yang berwarna perpaduan pink dan peach ini dalam 100gr mengandung 200mg vitamin C. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding buah jeruk yang hanya 53 mg saja

jus buah mennyembuhkan flu
Jus Jambu Biji Merah dan Kunyit (dokumentasi pribadi)
Selain itu jambu biji memiliki kandungan mineral yang komplek seperti pectin dan tanin, likopen, kalium, kalsium, fosfor, sulfur dan klorin. Manfaat jambu biji antara lain sebagai antioksidan, antikanker, antitoksik, antiradang, antidiare, mampu menangkal serangan virus, memperlancar peredaran darah, dan sistem pencernaan, menjaga kesehtan jantung, membantu penyerapan zat besi, menghentikan pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka.

Kunyit, rimpang yang mudah ditemukan di dapur yang kaya akan kurkumin, minyak asiri turmeron, zingiberena, felladren dan borneol. Memiliki manfaat sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, melindungi hati dari zat toksik, membantu memecah lemak dalam tubuh, menjaga sistem kekebalan dan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol darah, mengontrol produksi asam lambung serta meningkatkan vitalitas.

Resep Jus Jambu Biji Merah dan Kunyit

Bagaimana cara buat jus buah untuk flu, andalanku mengobati flu dan demam tanpa obat? Persiapkan bahan dan ikuti langkah berikut ya:

Resep Jus Buah untuk Flu
Porsi : 1- 2 orang
Bahan
  • 200 gr Jambu biji
  • 5cm Kunyit atau seukuran 1 jari telunjuk
  • Madu (selera)
  • 2 sdm Jeruk Nipis
  • Sedikit lada hitam dari 5 butir merica hitam yang dihaluskan
  • 2 gelas air matang (600ml)
Cara Buat
  • Cuci jambu biji dan sikat kulit kunyit dengan sabut hingga bersih.
  • Potong kecil-kecil jambu biji dan kunyit.
  • Blender jambu biji, kunyit dan air hingga halus
  • Saring untuk menghilangkan biji jambu dan tuang jus ke gelas
  • Tambahkan perasan jeruk nipis, lada hitam dan madu sesuai selera
  • Aduk jus sampai merata
  • Jus buah untuk flu siap dinikmati
Tips : Agar kunyit tidak terasa getir, kalian bisa membakarnya terlebih dahulu.
Bagi Hijau Holic yang bertanya-tanya kenapa ditambahkan lada hitam? Kok kayak memasak sayur sop saja.
Menurut riset dari Cytokine Research, Laboratory Texas manfaat signifikan lada hitam adalah meningkatkan efektivitas penyerapan kurkumin. Dengan mengkombinasikan lada hitam (piperine) dan kunyit akan menambahkan penyerapan curcumin pada kunyit sebesar 2.000%. Artinya manfaat kunyit sebagai antiradang bisa didapatkan tubuh secara maksimal. 
Berdasar konversi yang dilakukan Kemneks RI Farmalkes ( Farmasi dan Alat Kesehatan) lewat Permenkes 6 Formularium Obat Herbal Asli Indonesia dengan menambahkan 20 miligram piperine ke 2 gram curcumin yang bisa membuat penyerapannya efektif secara signifikan meningkat 20 kali. Kalau dalam takaran umum di dapur, ukuran tersebut didapatkan sejumlah 5 butir saja. 

Duh pedas dong? Tenang…tenang…walau lada hitam terkenal dengan sensasi pedasnya. Menurut aku, rasa dari jus buah untuk flu ini seperti rasa jus jambu biji pada umumnya, hanya saja terasa lebih hangat. Pedasnya lada hitam menjadi teredam dengan jambu biji merah dan bahan lainnya. Aku biasanya mengkonsumsi jus jambu biji dan kunyit di pagi hari saat perut masih kosong. Selamat mencoba resep jus buah untuk flu, andalanku mengobati flu dan demam tanpa obat. Enak dan mudah dibuat di rumah. Dan tetap perbanyak istirahat, konsumsi air putih 2liter/hari dan imbangi dengan makanan real food yang sehat dan gizi seimbang ya Hijau Holic.

referensi:
Muhammad Ikhsan, 2015, Aneka Minuman Detoks, Jakarta : Relasi Inti Media Grup 
https://kesehatan.kontan.co.id/news/9-buah-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi-tertinggi-jambu-biji 

13 komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.
  1. Wahhh nice tips, aku seneng jus jambu biji cmn gak tau trnyata bisa dicampur kunyit.. langsung praktik InsyaAllah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba,nanti warnanya agak oren.mirip dengan palet warna blog mbak alfi

      Hapus
  2. Wah, baru tahu kalau batas penyimpanan jus hanya 24 jam ya mba, biasanya 2 harinan disimpan baru ku minum. Makasih infonya mba, jadi lebih hati"😁

    BalasHapus
  3. Saya baru tau kalau lada hitam bisa dicampur jambu biji dan kunyit. Juz ini juga bisa untuk menjaga tubuh agar selalu fit ya mbak? Bisakah dikonsumsi tiap hari?




    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, bisa juga untuk jaga daya tahan tubuh. tiap hari apa tidak bosan bu, digilir dengan jus yang lain lebih seru

      Hapus
  4. Wih mantap nih Mbak. Bisa kucoba. Soalnya aku pas lagi demam tinggi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bidznillah, semoga cocok ya. Smeoga lekas sembuh mbak luluk

      Hapus
  5. Masya Allah, kunyit ... Ga kepikir bisa atasi flu, Mbak. Biasanya saya cuma perbanyak minum bening sama makan jeruk. Makasih tips dan cara mengolahnya, mbak Ulfa 🙂

    BalasHapus
  6. Ternyata jambu biji+kunyit bisa jadi obat alami. Nice tips, bisa dipraktekkan nanti kalau pas ada yang sakit.

    BalasHapus
  7. Wah keren nih resepnya, pengen coba. Yang jarang punya memang lada hitam sih ya.

    BalasHapus
  8. Baru tau kalo kunyit bisa jadi campuran jus mbak. Biasanya saya direbus aja. Tapi emang kalo kunyit dibakar tu aromanyaa jadi enak banget. Saya kan emang penggemar aroma tanaman

    BalasHapus
  9. Baru tau banget mba, kalau kunyit yang dibakar bisa mengurangi rasa getirnyaa.. nice info..

    BalasHapus